Sejarah Photoshop

0 komentar

 kisah 1
Kisah salah satu "aplikasi pembunuh" asli dimulai di Ann Arbor, Michigan (AS) dengan seorang profesor bernama Glenn Knoll perguruan tinggi. Glenn adalah seorang penggemar foto yang dipelihara kamar gelap di ruang bawah tanah keluarga. Dia juga seorang pecinta teknologi tertarik dengan munculnya komputer pribadi. Dua putranya, Thomas dan John, mewarisi sifat ingin tahu ayah mereka. Dan visi untuk kebesaran masa depan dimulai dengan eksposur mereka ke kamar gelap bawah tanah Glenn dan dengan Apple II Plus bahwa ia dibawa pulang untuk proyek-proyek penelitian.
"Fotografi adalah hobi saya di sekolah tinggi," jelas Thomas dalam sebuah wawancara untuk Engineer Michigan. "Di ruang gelap ayah, saya belajar bagaimana membuat hitam-putih dan warna cetak, bagaimana keseimbangan warna dan kontras."
Sementara Thomas belajar tentang manipulasi gambar di ruang gelap bawah tanah, John tertarik pada kotak berbentuk aneh yang dikenal sebagai komputer pribadi yang ayahnya telah dibawa pulang. "Komputer nyata pertama saya pernah benar-benar duduk dan digunakan adalah pada tahun 1978. Saya adalah seorang siswa sekolah 16 tahun tinggi ketika ayah saya mendapat Apple II Plus dengan RAM 64k," kenang John dalam sebuah wawancara untuk biografi AppleMasters nya .
"Memori lain yang benar-benar tetap dalam pikiran saya" John menambahkan, "adalah pada tahun 1984 ketika saya mengambil salinan majalah Time yang memiliki artikel sedikit tentang Macintosh, dan saya berpikir, wow, melihat hal ini!" Beberapa bulan Knoll Mr kemudian telah membeli salah satu Mac pertama yang tersedia di pasar terbuka.
Meskipun Thomas menyukai pekerjaan tangan-ruang gelap, ia juga memiliki minat dalam komputer dan pemrograman. Pada tahun 1987 ia membeli sebuah Apple Macintosh Plus untuk membantu dia dengan gelar Ph.D. bekerja pada "pengolahan gambar digital." Banyak kekecewaannya, Mac tidak dapat menampilkan level gray-scale dalam gambar-Nya. Untuk mengatasi masalah tersebut, Thomas menulis subrutin untuk mensimulasikan efek skala abu-abu.
Karya Thomas menyebabkan subrutin lebih dan potongan pemrograman gambar. Bit-bit dari sihir komputer tertangkap perhatian John selama kunjungan dia membayar ke Ann Arbor sewaktu libur dari pekerjaannya di Industrial Light and Magic (ILM) di Marin, California. "Pekerjaan Thomas lakukan ada hubungannya dengan bagaimana sebuah komputer bisa mengenali objek yang telah ditetapkan dalam sebuah gambar digital," kenang John dalam sebuah wawancara dengan Terrence Masson untuk buku ini, "CG 101: A Komputer Grafis Referensi Industri".
"Pemrosesan Gambar adalah dasar fundamental dari setiap jenis pekerjaan, dan Tom telah menulis sekelompok alat pengolahan citra," tambah John. "Ketika Tom menunjukkan pekerjaannya, aku tersadar betapa miripnya itu untuk alat pengolahan gambar pada Pixar [gambar komputer Yohanes baru saja melihat demo grafis pada di ILM]."
"Ada sekelompok alat baris perintah didorong shell seperti perintah Unix shell C antarmuka baris Pixar." Tak lama di sana setelah, John dan Thomas menarik potongan-potongan kode bersama-sama dan Thomas dibangun sebuah aplikasi kecil yang menakjubkan yang disebut "Display."



"Saya senang," kata John, "tapi aku mulai meminta lebih banyak Bagaimana jika Tampilan bisa menyimpan gambar dalam format lain sehingga saya dapat mencetaknya dalam program lain? Saya pernah Tampilan untuk membuka beberapa gambar sampel yang saya dapatkan dari. ILM komputer grafis departemen, tetapi mereka tampak terlalu gelap pada layar-tiba-tiba saya membutuhkan alat koreksi gamma juga. " Permintaan Yohanes terganggu Thomas dari karya tesisnya, tapi dia juga tertarik dengan kemungkinan editing gambar pada komputer pribadi.
Siklus perbaikan berlanjut selama periode bulan dan menyebabkan sebuah versi perbaikan dari aplikasi yang menjadi "ImagePro" pada tahun 1988. Pada titik ini John mulai menyarankan kepada Thomas bahwa mereka berpaling ImagePro ke dalam aplikasi komersial.

"Uang persekutuan saya sudah habis dan istri saya sedang mengandung anak pertama kami," jelas Thomas selama wawancara Insinyur Michigan. "Saya merasa tekanan untuk menyelesaikan apa yang saya lakukan dan menemukan pekerjaan."
Pada awal tahun 1988, Thomas memutuskan untuk menyerahkan diri enam bulan lagi untuk menyelesaikan ImagePro versi beta dan membiarkan Yohanes toko di sekitar Silicon Valley. Yang cukup menarik, banyak perusahaan Silicon Valley bahwa Yohanes mendekati terasa dingin terhadap gagasan program manipulasi mereka gambar. SuperMac menolaknya karena mereka tidak mengerti bagaimana ImagePro bisa melengkapi produk mereka sudah populer, PixelPaint.
Tapi satu perusahaan, Barneyscan, memang menunjukkan minat. Mereka menawarkan untuk bundel (pada basis jangka pendek) apa yang sekarang disebut "Photoshop" dengan slide scanner mereka. Sebanyak sekitar 200 eksemplar dari Photoshop yang dikirim dengan scanner mereka, menurut Jeff Schewe dalam artikelnya, "Photoshop:. Dekade Gambar-Editing Excellence"


kisah 2
photoshop berawal dari 2 Kakak-beradik yaitu Thomas dan John Knoll, dimemulai dari pengembangan Photoshop di tahun (1987). Versi 1 dirilis oleh Adobe pada tahun (1990). Versi awal Photoshop yang diberi nama "Knoll Software" dirilis sebelum kerjasama dengan Adobe resmi dibuat. Photoshop versi pertama ini berukuran 1.4 MB. Lebih jauh, aplikasi Photoshop 0.63 lengkap dengan manual online dapat disimpan dalam disket dan bahkan masih menyisakan 200kb ''disk space'' bebas.

Meskipun pada awalnya Photoshop dirancang untuk menyunting gambar untuk cetakan berbasis-kertas, Photoshop yang ada saat ini juga dapat digunakan untuk memproduksi gambar untuk (World Wide Web). Beberapa versi terakhir juga menyertakan aplikasi tambahan, (Adobe ImageReady), untuk keperluan tersebut.

Photoshop juga memiliki hubungan erat dengan beberapa
perangkat lunak penyunting media, animasi, dan ''authoring'' buatan-Adobe lainnya. File format asli Photoshop, .PSD, dapat diekspor ke dan dari Adobe ImageReady, Adobe Illustrator, Adobe Premiere Pro, Adobe After EffectsAfter Effects dan Adobe Encore DVD untuk membuat DVD profesional, menyediakan penyuntingan gambar non-''linear'' dan layanan ''special effect'' seperti ''background'', ''tekstur'', dan lain-lain untuk keperluan televisi, film, dan situs web. Sebagai contoh, Photoshop CS dapat digunakan untuk membuat menu dan tombol button DVD.


Photoshop dapat menerima penggunaan beberapa model warna yaitu :

RGB color model 

Lab color model 
CMYK color model 
Grayscale
binary imageBitmap
Duotone

Versi terbarunya, yang dirilis pada tahun 2005, adalah
versi 9. Program ini dipasarkan dengan nama "Photoshop CS2. CS merefleksikan integrasi produk Photoshop dengan aplikasi Adobe Creative SuiteCreative Suite buatan Adobe dan disebut "2" karena program ini adalah versi rilis ke-2 sejak Adobe mengintegrasikan kedua produknya. Ada beberapa pada tambahan pada Photoshop CS2 seperti multiple layer selecting dan warp," versi kurva dari transform tool dan ''color replacment tool'', yang sebelumnya hadir sebagai ''plug-in'


Untuk para penggemar
fotografi, Adobe menyediakan filter "reduce grain" (mengurangi grain) yang dapat membantu mengoptimalkan foto yang diambil pada kondisi kekurangan cahaya. Untuk "memperjelas" perbedaan produk CS dengan produk-produk Photoshop sebelumnya, Adobe menghilangkan lambang mata Photshop, yang dipresentasikan dalam bentuk yang berbeda-beda sejak versi 3 sampai versi 7. Photshop CS dan CS2 kini menggunakan bulu sebagai ikon dan bentuk identifikasi.


Versi beta
Photoshop CS3 telah dirilis untuk pengguna CS2 pada tanggal 15 Desember 2006.

Berbeda dengan Photoshop CS dan CS2 yang menggunakan bulu sebagai logonya, Logo untuk edisi ketiga ini berbentuk tipografi, dengan huruf '
Ps' berwarna putih dan berlatar belakang biru-gradien. Versi terakhirnya dilengkapi dengan ''Adobe Camera RAW'', sebuah plugin yang dikembangkan oleh Thomas Knoll yang dapat membaca beberapa format file RAW dari kamera digital dan mengimpornya langsung ke Photoshop. Versi awal RAW plugin ini juga tersedia untuk Photoshop 7.0.1 dengan tambahan biaya $99 USD.
 
Secara Photoshop adalah sebuah program penyunting gambar standar industri yang ditujukan untuk para profesional raster grafik, harga yang ditawarkan pun cukup tinggi kira-kira US$600. Keadaan ini memancing beberapa programer untuk merancang peralatan grafik (graphics tools) dengan harga yang lebih terjangkau.

Untuk menghadapi persaingan ini, dan untuk menghadapi pembajakan produknya, Adobe memperkenalkan
Photoshop Elements, sebuah versi lain dari Photoshop yang lebih minimalis, dengan harga terjangkau; di bawah US$100. Produk ini ditujukan untuk pengguna rumahan dan menghilangkan beberapa fitur profesional.

Photoshop
memiliki kemampuan untuk membaca dan menulis gambar berformat raster dan vektor seperti .png, .gif, .jpeg, dan lain-lain.

Photoshop
juga memiliki beberapa format file khas .PSD (''Photoshop Document'') format yang menyimpan gambar dalam bentuk ''layer'', termasuk teks, ''mask'', ''opacity'', ''blend mode'', channel warna, channel alpha, ''clipping paths'', dan setting duotone. Kepopuleran photoshop membuat format file ini digunakan secara luas, sehingga memaksa programer program penyunting gambar lainnya menambahkan kemampuan untuk membaca format PSD dalam perangkat lunak mereka.* ''.PSB'' adalah versi terbaru dari PSD yang didesain untuk file yang berukuran lebih dari 2 gigabitaGB* ''.PDD''' adalah versi lain dari PSD yang hanya dapat mendukung fitur perangkat lunak PhotshopDeluxe.


Photoshop memiliki kemampuan untuk membaca dan menulis gambar berformat raster dan vektor seperti .png, .gif, .jpeg, dan lain-lain. Photoshop juga memiliki beberapa format file khas:*''.PSD'' (''
Photoshop Document'') format yang menyimpan gambar dalam bentuk ''layer'', termasuk teks, ''mask'', ''opacity'', ''blend mode'', channel warna, channel alpha, ''clipping paths'', dan setting duotone. Kepopuleran photoshop membuat format file ini digunakan secara luas, sehingga memaksa programer program penyunting gambar lainnya menambahkan kemampuan untuk membaca format PSD dalam perangkat lunak mereka.* '''.PSB'''' adalah versi terbaru dari PSD yang didesain untuk file yang berukuran lebih dari 2 gigabitaGB* ''.PDD'' adalah versi lain dari PSD yang hanya dapat mendukung fitur perangkat lunak PhotshopDeluxe.                                                                                                                       .
Share this article :

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
www.lazada.com
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. 21 kancusz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger